7 Tips Kemping Asyik di Pantai

Sabtu, 12 Januari 2013



Akhir pekan murah meriah namun tetap ingin senang-senang? Kemping saja di tepi pantai. Agar lancar, tengok dulu 7 tips kemping asyik di pantai.

Tak bisa sembarangan untuk memilih tempat untuk mendirikan tenda. Kemping di pantai perlu beberapa trik. Disusun detikTravel, Jumat (11/1/2013) inilah 7 tips mantap kemping di tepi pantai:

1. Cari tempat yang aman dari gelombang pasang

Sembarangan mendirikan tenda, bisa-bisa tenda Anda tersapu gelombang pasang saat pagi hari. Untuk itu, pastikan kawasan mendirikan tenda sudah aman dari gelombang pasang. Tak mau kan tenda Anda kebanjiran atau hanyut terbawa gelombang saat sedang asyik tidur?

2. Dirikan tenda di tempat terlindung

Setelah menemukan tempat yang aman dari gelombang, pastikan juga tenda Anda juga aman dari angin. Saat malam hari, angin di tepi pantai cenderung lebih kencang dibanding tempat lain. Maka dari itu, pastikan tenda terlindungi di balik pohon atau semak-semak yang bisa melindungi dari tiupan angin.

Namun, jangan pilih kawasan semak yang terlalu tebal karena rentan dengan binatang yang bersemayam di sana. Carilah area yang cukup luas untuk berjarak dari pohon atau semak. Selain itu, area luas juga bisa jadi tempat untuk memasak dan menyalakan api unggun.

3. Cari pasir yang padat

Hal terakhir yang harus diperhatikan saat ingin mendirikan tenda adalah mencari pasir yang menjejak padat. Ini sangat berguna untuk menancapkan patok untuk mendirikan tenda.

Jika pasirnya tidak padat atau jejak, maka patok akan sulit tertancap. Tak apa sedikit jauh dari bibir pantai, asal bisa mendirikan tenda dengan benar dan mantap.

4. Gali pasir untuk menyalakan api unggun

Beda seperti saat di gunung, menyalakan api unggun di pantai harus sedikit cerdik. Saat ingin berapi unggun di pantai, Anda harus menggali pasir sedikit untuk membuat pondasi api.

Dengan angin yang cukup besar, akan sulit menyalakan api jika tidak memiliki pondasi tersebut. Korek pasir sekitar 10 cm dan masukkan kayu yang awet untuk dibakar, setelah itu baru susun kayu agar api bisa menyala awet. Jangan lupa untuk mematikan api sebelum tidur ya!

5. Pastikan kaki selalu bersih saat ingin masuk tenda

Tak enak rasanya jika tidur dengan pasir menempel di bantalan kepala atau sleeping bag. Maka dari itu, pastikan kaki Anda selalu bersih jika ingin memasuki tenda. Terlebih saat abis main air, pastikan badan Anda sudah bersih dari pasir.

6. Selalu basuh tubuh dan peralatan dengan air bersih

Meski tersedia banyak air, namun air laut asin dan tidak bisa membuat bersih barang-barang atau tubuh. Jadi, setelah puas bermain di pantai, basuhlah dengan air bersih. Karena kulit bisa kering jika air laut tetap menempel di kulit hingga kering.

7. Jaga kebersihan

Di manapun, menjaga kebersihan adalah hal wajib yang harus disadari setiap traveler. Jadi, siapkan selalu plastik besar untuk memasukkan sampah-sampah selama kemping.

Jangan ragu untuk mengingatkan orang lain jika ada yang membuang sampah atau malah mengubur sampah di pasir. Jadilah traveler yang bertanggung jawab dengan membawa pesan kebaikan di mana-mana.


sumber : detik.com

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Se7eN Travel Indonesia © 2011 | Designed by Interline Cruises, in collaboration with Interline Discounts, Travel Tips and Movie Tickets