4 Cara Ampuh Untuk Mencegah Jet Lag

Sabtu, 12 Januari 2013



Jet lag sering dialami turis ketika traveling. Perbedaan waktu yang cukup jauh menjadi penyebab utamanya. Tapi tidak perlu kuatir karena jet lag bisa dicegah dengan 4 cara ini.

Jet lag adalah kondisi fisiologis tubuh yang belum siap dengan perubahan waktu yang terlalu jauh dari daerah asal. Biasanya kondisi ini dialami traveler yang melakukan perjalanan jauh, hingga berjam-jam dari waktu di kota asal.

Kondisi seperti ini tentu sangat tidak enak. Untuk itu, cegah jet lag dengan 4 cara ini yang dikutip dari Smarter Travel, Selasa (18/12/2012):

1. Sesuaikan jam pribadi

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mencegah jet lag sebelum bepergian adalah penyesuaian jam. Beberapa hari sebelum pergi, mulailah menyesuaikan waktu dengan destinasi tujuan, seperti waktu tidur atau bangun tidur yang dipercepat.

Jika tiba di destinasi tujuan pagi hari, cobalah untuk tidur di pesawat. Jadi, begitu sampai Anda sudah tidak mengantuk dan bisa beradaptasi perlahan-lahan dengan kondisi di sana.

2. Konsumsi suplemen tubuh

Mengonsumsi suplemen yang kaya melatonin terbukti bisa mengurangi jet lag. Ini bisa membuat beberapa orang merasa mengantuk. Jadi, Anda bisa mencobanya sebagai alat bantu untuk menyesuaikan waktu tidur.

Tapi berhati-hatilah sebelum mencoba. Ada beberapa orang yang alergi dengan suplemen tubuh. Jadi, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter sebelum mengonsumsinya.

3. Tambah cairan

Ketika traveling dengan pesawat, khususnya penerbangan panjang, setiap orang bisa mengalami dehidrasi. Sedangkan dehidrasi bisa membuat seseorang mengalami jet lag lebih besar, atau bahkan lebih buruk. Oleh karena itu, cegah dehidrasi dengan meminum banyak air putih, dan hindari kopi atau alkohol.

4. Sediakan pil tidur

Bagi sebagian orang, tidak tidur sebelum traveling sangat menyenangkan karena Anda jadi bisa terlelap dengan nyenyak di atas pesawat. Meski begitu, hal ini justru harus dihindari. Jet lag sangat mudah menyerang orang yang kelewat lelah atau sakit. Jadi, pastikan Anda telah tidur yang cukup sebelum penerbangan.


sumber : detik.com

1 komentar:

  1. Amouy mengatakan...:

    Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif : arena-domino.net
    100% Memuaskan ^-^

Posting Komentar

 
Se7eN Travel Indonesia © 2011 | Designed by Interline Cruises, in collaboration with Interline Discounts, Travel Tips and Movie Tickets