7 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Backpacker Pemula

Sabtu, 12 Januari 2013


Backpacker merupakan salah satu cara seru untuk traveling. Dengan bujet minim dan perencanaan sendiri, Anda akan ditantang untuk jalan-jalan ke tempat yang asing. Tapi, ini lho 7 kesalahan yang biasa dilakukan bacpacker pemula.

Backpacker kini menjadi salah satu gaya berpergian favorit bagi wisatawan. Dengan backpacker, Anda akan merencanakan perjalanan sendiri, mengatur bujet sendiri, hingga menentukan pilihan sendiri ke mana Anda akan melangkah. Tapi ingat, ada banyak kesalahan yang biasa dilakukan bagi para backpacker pemula.

Dikutip dari Matador Network, Kamis (9/1/2013), inilah 7 kesalahan yang biasa dilakukan backpacker pemula:

1. Terlalu sedikit mendapatkan referensi

Melalui pencarian di internet, Anda mungkin mendapat banyak informasi tentang tempat tujuan. Tapi ingat, jangan puas dengan informasi yang sudah Anda dapatkan.

Referensi yang terlalu sedikit, lebih berbahaya daripada jadwal perjalanan yang terlalu ketat. Ada baiknya, Anda lebih mempelajari secara detil tentang bahasa lokal, norma-norma budaya, sejarah, dan juga letak geografis destinasi tujuan.

2. Menghabiskan banyak waktu di tempat penginapan

Memang, menghabiskan waktu di tempat penginapan akan terasa menyenangkan. Anda bisa tidur puas atau bersantai-santai tanpa ada yang melarang. Tapi, tak ada salahnya Anda keluar penginapan dan bertemu masyarakat sekitar.

Ya, Anda akan mendapat banyak informasi dan pengalaman seru dari masyarakat setempat tentang destinasi di sekitar Anda. Selain itu, cobalah bermalam di tempat-tempat yang beda. Anda bisa saja mendirikan tenda atau tidur di rumah penduduk. Hal ini tentu menyenangkan dan bisa mendapat teman baru.

3. Terlalu memamerkan barang-barang

Memamerkan barang yang dimaksud adalah Anda terlalu mencolok saat traveling. Mungkin, Anda biasa memakai gadget-gadget seperti iPod untuk mendengarkan musik atau menenteng kamera SLR. Tapi, hal ini nantinya akan membahayakan diri Anda sendiri dari tindak kejahatan. Upayakan untuk rendah hati dan tidak sombong.

4. Kehabisan uang di perjalanan

Jangan sampai uang Anda habis untuk hal-hal yang tidak perlu. Pastikan Anda memiliki dua cara untuk menyimpan uang. Pertama, ambil uang lewat ATM. Yang kedua, simpan uang Anda secara terpisah dan milikilah rencana biaya cadangan jika uang Anda sewaktu-waktu hilang atau dicuri.

5. Mabuk

Tak sedikit traveler yang mabuk saat traveling. Hal ini sebagai salah satu cara untuk menghilangkan stress atau berpesta. Tapi, ada baiknya Anda tidak ikut-ikutan mabuk, karena hal ini berbahaya untuk keselamatan dan tindak kriminal. Selain itu, Anda dapat menghemat uang dengan tidak banyak minum bukan?

6. Membuka facebook setiap hari

Mungkin, Anda akan kangen dengan keluarga atau teman-teman di kampus saat traveling. Untuk mengobatinya, Anda bisa menghubungi mereka lewat skype atau media sosial seperti facebook.

Akan tetapi, jangan sampai Anda terus-terusan membuka facebook untuk bergosip atau membicarakan hal-hal lainnya. Urungkan juga niat Anda untuk mengecek email setiap harinya. Saat traveling, Anda harus meninggalkan itu semua dan bersenang-senang menikmati perjalanan.

7. Mengabaikan nasihat teman

Belajar dari kesalahan teman adalah hal terbaik untuk mendapatkan kenyamanan dan keamanan saat traveling. Baiknya, Anda mengikuti saran teman sebelum memulai perjalanan.

Traveling adalah kombinasi spontanitas, kerendahan hati, keyakinan, dan disiplin. Namun, untuk menyatukan hal-hal tersebut tidaklah mudah. Melalui saran teman yang sudah melakukan perjalanan ke destinasi tujuan Anda, pasti banyak informasi atau pengalaman menarik yang dapat menjadi 'buku panduan'.

Bagi Anda yang hendak pertama kali backpacker, ingat dan pelajari 7 kesalahan yang biasa dilakukan backpacker pemula ini. Jangan lupa untuk terus waspada sepanjang jalan, tapi tetap menikmati tiap momen yang Anda temui di tempat-tempat yang baru. Salam backpacker!


sumber : detik.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Se7eN Travel Indonesia © 2011 | Designed by Interline Cruises, in collaboration with Interline Discounts, Travel Tips and Movie Tickets